Zero Kilometer Gastronomy, Tren Kuliner Ramah Lingkungan

Konsep zero kilometer gastronomy atau gastronomi nol kilometer (KM 0) awalnya tercipta di Italia beberapa tahun lalu, dimana elemen terpenting dari konsep ini adalah persiapan dan bahan yang digunakan untuk membuat hidangan menjadi hidup. Makanan yang diproduksi akan dijual dan dikonsumsi secara lokal, di mana bahan-bahan yang digunakan tidak melalui rantai perdagangan global. Hal ini dapat mengurangi dampak polusi terhadap lingkungan dan membantu menopang pasar lokal, mempromosikan kuliner lokal dan meningkatkan kontribusi para petani, peternak, hingga ahli kuliner lokal.


Prinsip inilah yang dipegang erat oleh I Ketut Sumarta, Executive Chef Meliá Bali, Nusa Dua. “Memiliki pengalaman bekerja di berbagai tempat, saya bisa mengatakan bahwa Bali adalah salah satu tempat paling istimewa di dunia. Akan jadi sangat disayangkan apabila kita tidak memanfaatkan hasil bumi yang indah ini sebaik mungkin, apalagi hampir semua bisa didapatkan secara lokal. Salah satu menu yang kami adopsi dari konsep KM 0 adalah Coco Bowl, yang juga menjadi salah satu menu favorit tamutamu kami di sini. Para tamu dapat memulai hari mereka dengan kreasi buah yang indah dan sehat ini, kami juga menggunakan pemanis dan pewarna makanan alami. Selain itu Coco Bowl ini juga dilengkapi dengan regulator keasaman dan antioksidan alami,” jelas Ketut.


Melalui konsep KM 0, Meliá Bali telah mengkurasi hasil bumi terbaik untuk ditawarkan kepada tamu, serta mendukung komunitas petani dan penyedia hasil bumi di sekitar properti. “Kami bangga menggunakan produk yang dikembangkan, dipanen, serta diproses secara lokal secara ekologis, dan ini memungkinkan kami untuk berkolaborasi dengan petani dan penyedia lokal. Kami juga bekerja sama dengan pertanian Plaga di bagian barat pulau Bali, jadi semuanya didapatkan secara lokal dan membantu mengurangi biaya material dan ekologi,” tambah Ketut.


Meliá Bali,
Kawasan Wisata ITDC Lot 1, Nusa Dua, Benoa, Kuta Sel., Bali, 80363,
Phone: +62 361 771 510, www.melia.com/en/hotels/indonesia/bali/melia-bali/...

0 0
Feed