Mengenal Bawang Merah : Umbi Sarat Khasiat Bercita rasa Lezat

Understanding Shallot

Bagi penggemar hidangan Asia Tenggara pada umumnya serta Indonesia pada khususnya, bawang merah merupakan salah satu bahan dasar (rahasia) utama yang harus ada dalam bumbu racikan. Dalam rubric berikut, PASSION MEDIA coba kulik beberapa fakta menarik perihal jenis tanaman yang di pulau Jawa juga dikenal sebagai ‘brambang’ tersebut.


Selain bau, bentuk serta rasa yang khas, tak banyak yang mengetahui khasiat utama dari bawang merah. Tanaman berjenis umbi-umbian asli Asia Tenggara ini mengandung zat anti mikroba yang ampuh untuk membunuh bakteri. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak menyimpan bawang merah dalam keadaan terkelupas, karena ia akan menarik bakteri serta kuman di sekitarnya sehingga tak lagi layak untuk dimasak. Bawang merah juga sangat ampuh untuk mengobati beragam penyakit, mulai dari kanker hingga jerawat serta ketombe pada kulit kepala.


Sebagai bahan masakan, bawang merah biasanya ditumbuk dengan bahan lainnya dalam pembuatan bumbu halus. Bukan hanya itu, pada beberapa varian makanan, ia juga bisa dicacah dan ditabur mentah di atas hidangan yang disajikan, seperti contohnya pada berbagai jenis sate bumbu kacang. Salah satu olahan bawang merah yang paling digemari adalah bawang goreng; yang dibuat dengan proses penggorengan deep fried sehingga bertekstur kriuk-kriuk­ renyah dan relatif awet untuk disimpan dalam waktu lama. Citarasanya yang luar biasa gurih membuatnya sangat popular sebagai bumbu tabur penyedap di sejumlah masakan nusantara; diantaranya nasi goreng, bakso, soto ayam, dan masih banyak lagi. Bawang goreng bisa dijadikan MSG alami karena rasa gurihnya disebut-sebut hampir menyamai MSG buatan, namun tentunya jauh lebih sehat karena berasal dari tanaman alami.


Secara umum, bawang merah sangat cocok dalam masakan Indonesia yang kaya rasa, karena unsur gurihnya yang memikat di lidah dengan sedikit sentuhan manis yang tak ditemui pada bawang putih. Salah satu menu yang hampir dipastikan selalu menggunakan ‘jasa’ bawang merah adalah nasi goreng. Tidak afdol rasanya menyantap seporsi menu ini tanpa taburan bawang goreng renyah-gurih yang seolah membungkus seluruh bahan yang ada dan membuatnya semakin lezat untuk disantap.  Selain nasi goreng, sejumlah hidangan yang juga diketahui sering menggunakan bawang goreng tabur adalah opor ayam, soto dan bubur ayam.


Bila tidak ditabur dalam wujud bawang goreng, seperti yang telah disinggung di atas, bawang merah juga digunakan sebagai bahan campuran untuk bumbu halus, seperti pada sejumlah masakan berikut; ayam bakar, ikan bakar, perkedel kentang, semur, sayur lodeh hingga bakwan jagung.

0 0
Feed