The Vigorous Tarragon

Berwarna hijau segar dan luar biasa bermanfaat, Tarragon adalah tanaman rempah yang jamak digunakan dalam beragam hidangan kuliner Barat. Seperti apakah khasiat dan ciri utama tumbuhan berjuluk “Raja Herbal” ini? Yuk, kita simak bersama di rubrik Spice berikut ini!


Kendati kurang dikenal di Indonesia, Tarragon merupakan salah satu rempah aromatic kebanggaan Eropa, khususnya Prancis. Berasal dari family Asteraceae, Tarragon menjadi salah satu bahan utama untuk bumbu sejumlah hidangan Prancis; baik untuk campuran sup, krim, saus, daging maupun roti. Bukan hanya bumbu biasa, tarragon telah dianggap sebagai salah satu dari empat bahan bumbu terbaik pada masakan Prancis tradisional, selain daun huni-chervil (French parsley - Chervil coulis - Anthriscus cerefolium), bawang putih (regular chives), dan peterseli (parsley - Carum roxburghianum, Benth) Tarragon memiliki daun berbentuk panjang seperti kangkung dengan aroma yang sangat khas. Citarasanya yang pahit-segar serupa adas atau seledri membuatnya jamak digunakan sebagai campuran menu seperti sup krim, omelet, saus mayonnaise atau béarnaise untuk memaksimalkan rasa creamy dari olahan tersebut. Masakan berbahan dasar daging panggang, unggas, serta seafood juga akan terasa sangat pas jika ditambahkan bumbu bercampur rempah tarragon. Di samping itu, tarragon juga dapat ditemukan sebagai bahan dasar pembuatan cuka dan vinaigrettes.

Selain menambah nikmat rasa masakan, tarragon juga memiliki sejumlah khasiat penting bagi tubuh; salah satunya untuk mereduksi nyeri pada gusi yang biasanya menyertai sakit gigi. Efek ‘painkiller’ ini timbul karena Tarragon mengandung zat eugenol--anestetik alami, dalam jumlah cukup tinggi. Minyak dari daun tarragon juga sudah digunakan dalam pengobatan sejak lama. Tabib Tiongkok kuno menggunakannya sebagai antibakter untuk mengobati epilepsi, infeksi parasit, radang sendi hingga masalah gastrointestinal dan stimulan nafsu makan. Sementara dunia herbal Barat mengakui bahwa tarragon sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah.

Tarragon sendiri sesungguhnya berasal dari Siberia tetapi sekarang diketahui telah tumbuh di beberapa bagian Eropa dan Amerika. Sementara varietasnya berasal dari Prancis dan Rusia. Di Indonesia, tarragon bisa ditemukan di pusat perbelanjaan besar, toko online, dan hadir dalam bentuk segar maupun bubuk.

0 0
Feed