The Super (Sourful) Benefit Of Bilimbi

Berasal dari kepulauan Maluku (ada juga yang menyebut bahwa benihnya dibawa dari benua Amerika), belimbing wuluh atau yang dikenal luas dengan nama ilmiah Averrhoa bilimbi merupakan salah satu buah yang jamak ditemui di Indonesia. Citarasanya yang sangat asam membuat buah mungil berwarna kehijauan ini lebih sering digunakan sebagai bahan masakan ketimbang dikonsumsi secara langsung. Meski cukup banyak dipakai sebagai penyedap masakan, namun buah yang juga disebut belimbing sayur ini jauh lebih dikenal karena khasiatnya yang melimpah ruah bagi kesehatan. Apa sajakah? Yuk kita simak bersama!


Citarasa belimbing wuluh yang luar biasa asam membuatnya menjadi ‘primadona’ bagi sejumlah masakan berbahan dasar daging dan berkuah, terutama ikan. Karena sifat alami asam yang menghilangkan bau amis dan menyedapkan rasa kuah yang dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Hal inilah yang menyebabkan belimbing wuluh sangat fleksibel dan bisa digunakan di berbagai jenis makanan; mulai dari sambal hingga dijadikan sirup dan manisan. Di Bali contohnya, belimbing wuluh bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam sajian sambal matah. Sementara di daerah lain seperti Aceh, banyak yang diketahui menggunakan asam sunti yang diperoleh dari belimbing wuluh yang telah dilumuri garam lalu dijemur hingga kering.


Belimbing wuluh merupakan tanaman ‘super’ yang hampir seluruh bagiannya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Daunnya dapat digunakan sebagai antipiretik, menanggulangi sakit pegal linu dan bisul, bunganya bisa menyembuhkan sakit batuk, buahnya dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti diabetes, sakit gigi, mengatasi panu, mencegah hipertensi, dan sariawan. Belimbing wuluh terbukti mengandung zat aktif saponin, flavonoid, tanin, glukosida, asam sitrat, asam format, dan beberapamineral penting, terutama kalium dan kalsium, selain sejumlah vitamin pokok seperti A, B, dan C.

Selain sebagai penyedap rasa dan pengusir penyakit, buah belimbing wuluh juga bisa mengilapkan barang-barang yang terbuat dari kuningan atau keramik lho! Caranya? Tinggal ambil, kupas dan gosokkan dagingnya ke bagian yang kusam atau bernoda, niscaya, kotoran akan hilang dalam sekejap. Ayo buktikan sendiri setelah membaca artikel ini!

Untuk berbudidaya belimbing wuluh pun rupanya relatif mudah. Buah ini menyukai tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung namun cukup lembap. Kendati banyak tumbuh liar di hutan dan ladang, belimbing wuluh juga dengan mudah dapat dijumpai dengan mudah di pekarangan rumah. Hidup pada ketinggian 5 hingga 500 meter dari permukaan laut, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur tidak hanya di Indonesia, namun juga di negara Asia lain seperti Filipina, Sri Lanka, Myanmar dan Malaysia.

0 0
Feed