The State Palace Got Caffeinated

Istana Negara mengundang sekumpulan pecinta kopi dengan berbagai macam latar belakang untuk menyajikan kopi di Istana Negara dalam rangka merayakan HUT RI ke-72 pada 15-17Agustus 2017. Pecinta kopi ini terdiri dari profesor kopi, petani kopi, barista, bahkan ada Monica Tjandra yang berprofesi sebagai People Development dan Quality Assurance Manager at The Seminyak Beach Resort & Spa. Mereka semua diundang ke istana atas nama Kopi Mengani Bali. 


Saat ini, Indonesia memang ingin mempromosikan 2 hal: ikan dan kopi. Pemilihan kopi Bali Mengani didasarkan pada kreativitas pelaku industri kopi di Mengani yang cukup tinggi. Mereka terus melakukan improvisasi dan inovasi, seperti proses pasca panen unik yang dapat menghasilkan rasa seperti wine, atau juga membuat tepung dari buah kopi, membuat the (cascara) dari buah kopi yang dikeringkan, hingga pembuatan sabun dan dupa dari ampas kopi. Sementara untuk roaster, Simply Brew mendapat kehormatan untuk melakukan proses roasting karena pemiliknya, Vivi Sofia sudah dikenal sebagai salah satu Q grader kopi sekaligus SCAE (Specialty Coffee Association Europe) Authorised Trainer Roaster.


“Bagi saya ini merupakan kemajuan besar bagi industri kopi di Indonesia, karena ini pertama kalinya ada perwakilan kopi yang diundang di Istana Negara untuk menyajikan secara langsung kopi Indonesia kepada semua undangan termasuk duta besar dari negara - negara lain. Hal ini membuktikan bahwa industri kopi di Indonesia mulai mendapatkan perhatian yang cukup besar dari pemerintah,” jelas Monica yang ditempatkan sebagai salah satu PIC / Supervisor pada acara tersebut
Diharapkan dengan adanya acara ini semakin memotivasi semua lini di dunia kopi mulai dari hulu ke hilir. Acara ini merupakan bukti bahwa industri kopi sudah mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah. Petani kopi bisa mulai memperbaiki kualitas tanaman dan proses pemetikannya. Prosesor kopi bisa mulai memperbaiki kualitas peralatan, sorting dan terus melakukan eksperimen untuk proses pasca panennya. Sementara barista bisa terus belajar dan melatih diri untuk mengembangkan knowledge dan skillnya.

0 0
Feed