The Mighty Andaliman

Kendati namanya berbau ‘asing’, mungkin banyak yang belum tahu bahwa andaliman adalah bumbu rempah khas Indonesia. Ya, biji-bijian asal Batak Toba ini sudah lama mendunia dan menjadi salah satu bahan masakan favorit di kawasan Asia Timur dan Selatan. Seperti apakah kegunaan dan khasiatnya? Berikut PASSION rangkumkan untuk para pembaca. Yuk, kita mengenal lebih dekat!


Andaliman adalah jenis bunga-bungaan yang termasuk keluarga citrus. Di luar negeri, ia jamak dikenal sebagai ‘Szechuan Pepper’ karena citarasa khasnya yang meninggalkan rasa getir dan kelu di lidah. Masyarakat Sumatera Utara sendiri sering menyebutnya sebagai ‘Merica Batak’.


Selain rasanya yang cukup ‘nendang’ di lidah, Andaliman sendiri memiliki bentuk khas; yakni kecil bergerombol dan berwarna hijau. Rasa pahit dan aroma jeruk andaliman dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan, meski dalam keadaan mentah sekalipun. Andaliman menjadi bumbu wajib di sejumlah masakan tradisional Batak; diantaranya arsik, saksang dan mi gomak. Pada dua masakan pertama, andaliman bahkan tidak bisa digantikan dengan bumbu lain bila menginginkan citarasa yang otentik.

Rasa pahit dari Andaliman bisa dikatakan cukup keras, bahkan ‘menggigit’. Hal ini disebabkan oleh salah satu zat yang dikandungnya; yakni hydroxy-alpha-sanshool. Selain itu, ia juga mengandung vitamin C dan E alami yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh, serta senyawa minyak atsiri dan alkaloid yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti mikroba.


Andaliman bisa ditemui di pasar traditional dalam keadaan utuh atau sudah dalam bentuk bumbu halus siap olah maupun dalam bentuk pasta. Jika Anda hendak membeli rempah ini, pastikan memilih andaliman dengan kualitas yang prima. Ciri utama andaliman yang baik adalah kering, tidak lembap, dan memiliki aroma yang menyengat. Agar kualitasnya tetap terjaga, andaliman harus disimpan dalam stoples yang kering dan kedap udara. Kelembaban media penyimpanan akan menyebabkan andaliman tidak awet dan lebih cepat rusak.


Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencicipi masakan berbumbu perkasa ini? Segera datangi lapo Batak terdekat di kota anda, dan nikmati menu traditional sedap dengan ‘gigitan’ khas andaliman yang penuh kesan!

0 0
Feed