The Mesmerizing Metroxylon

Mungkin sebagian besar orang Indonesia masih asing dengan nama ‘Metroxylon’, namun tentunya sudah banyak yang familiar dengan ‘sagu’. Ya, Metroxylon atau Rumbia adalah sejenis tanaman penghasil tepung sagu yang jamak digunakan dalam masakan; mulai dari papeda hingga mutiara pada teh boba. Mari mengenal lebih dekat tanaman khas Asia tersebut pada rubrik Spice kali ini!


Tanaman sagu (Metroxylon sagu Rottb.), atau sering disebut juga palma rawa, termasuk dalam famili palmae dan merupakan tanaman yang menyimpan pati pada bagian batangnya. Sagu merupakan tanaman hidrofilik (berikatan dengan air), hapaxanthic (berbunga satu kali), dan soboliferous (mempunyai anakan).

Di Indonesia sendiri, sagu sudah lama dikenal sebagai sumber bahan pangan alternatif pengganti beras. Masyarakat di daerah Timur mengolahnya menjadi 'papeda'; masakan tradisional dengan tekstur kenyal khas dan disantap sebagai pengganti nasi bersama sup ikan kuah kuning. Tepung sagu / aci biasa berasal dari batang pohon sagu yang diperas dan dikeringkan endapannya hingga kering dan menghasilkan bubuk.

Selain bahan baku papeda di atas, tepung sagu digunakan untuk membuat masakan tradisional Jawa Barat, seperti cilok, cireng dan lain-lainnya. Tepung sagu juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat olahan jelly / puding. Salah satu jenis 'puding sagu' paling terkenal di Indonesia adalah cendol. Untuk bisa memiliki tekstur seperti puding, tepung sagu harus melewati proses fortifikasi terlebih dahulu. Fortifikasi adalah penambahan unsur mikronutrien (vitamin serta unsur renik esensial) pada bahan makanan. Pati sagu yang difortifikasi berpotensial melawan malnutrisi bagi anak-anak. Selain kalori dan karbohidrat, tepung sagu terbukti mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C

Pohon sagu / Rumbia memang memiliki banyak manfaat selain sari patinya yang bisa diolah menjadi tepung sagu. Ampas pati tersebut bisa dipakai sebagai pakan ternak (babi), batangnya yang kokoh pun dapat dijadikan bahan membangun fondasi rumah sederhana. Tak hanya itu, bagian lain seperti pelepah dan daunnya dapat dianyam untuk dijadikan keranjang, nyiru, tikar, maupun kerajinan tangan cantik lainnya.

0 0
Feed