Mint

The Meritorious Mint

Dikenal karena sensasi menyegarkan serta baunya yang khas, daun mint merupakan salah satu tumbuhan yang paling jamak digunakan untuk berbagai produk di dunia; mulai dari rokok, obat-obatan, pasta gigi, permen, hingga bahan memasak. PASSION ingin mengajak para pembaca untuk mengenal lebih dekat tentang tanaman herbal aromatik luar biasa ini. Yuk, kita simak bersama!

Berasal dari benua Eropa, mint merupakan salah satu tanaman herbal tertua di dunia. Daunnya menghasilkan minyak atsiri yang bila diproses lebih lanjut akan menjadi kandungan menthol, yang kemudian dipakai sebagai bahan dasar sejumlah produk sehari-hari yang biasa kita pakai.


Di luar produk olahan, daun mint segar juga bisa membantu kehidupan kita sehari-hari. Apalagi, ada sekitar 15 sampai 20 spesies tanaman keluarga Mentha ini, termasuk peppermint dan spearmint. Dari semua spesies tersebut, peppermint dikenal memiliki kandungan menthol terbanyak, yakni mencapai 90%. Kendati berasal dari Eropa, mint sesungguhnya bisa dibudidayakan dengan mudah di Indonesia. Pasalnya, tanaman herbal dapat tumbuh subur pada dataran rendah maupun pada dataran tinggi. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, mint memang sebaiknya ditanam di daerah beriklim sub-tropis karena waktu berbunganya memerlukan hari yang panjang.


Berdasarkan penggunaannya sebagai bahan masakan, mint biasa digunakan untuk bumbu daging, ikan, saus, sup, masakan rebus, cuka, minuman teh, tembakau, hingga minuman anggur. Ujung daunnya yang segar juga digunakan dalam minum-minuman, buah, saus apel, es krim, jeli, salad, dan sayur. Sedangkan, dalam dunia kedokteran, kandungan ekstrak minyak daun mint yang sarat antioksidan digunakan untuk sakit perut, pereda batuk, pelega nafas, mouthwashes / larutan penyegar mulut, pasta gigi, dan lain sebagainya.


Sebagai penambah citarasa, mint sangatlah fleksibel dan mudah untuk digunakan. Tambahkan sedikit dalam omelet anda untuk sarapan yang gurih dan menyegarkan, atau tambahkan beberapa helai di dalam teh seduh hangat untuk sensasi dingin nan sehat. Anda juga bisa membuat infuse water sederhana hanya dengan meletakkan daun mint dalam air putih; letakkan di lemari es untuk kesegaran ekstra di hari yang gerah!

0 0
Feed