The Incredibly Exotic Lentil

Dalam rubric Spice edisi kali ini, PASSION ini mengajak para pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang lentil; kacang mungil yang kerap diremehkan namun mengandung ratusan khasiat bagi tubuh serta bisa menjadi alternatif alami MSG sebagai pemberi rasa gurih.


Berasal dari India nan eksotis (dan juga popular di Timur Tengah), lentil tercatat sebagai salah satu bahan makanan tertua di dunia. Berupa kacang mungil yang hadir dalam tiga warna berbeda; kuning, hijau dan merah, biji-bijian bernama latin Lens Culinaris ini dikenal bukan hanya rasanya yang gurih alami, namun juga bermacam khasiatnya bagi tubuh.

Lentil, yang di Indonesia juga dikenal sebagai Miju-Miju, biasanya dijual dalam keadaan kering. Ia direndam terlebih dahulu dalam air dingin sebelum direbus hingga empuk, dan kemudian dikupas bersih. Rasa serta teksturnya mengingatkan pada kajang hijau kupas; lembut namun berserat. Lentil biasa digunakan dalam berbagai masakan ala Timur Tengah yang aromatik; seperti doner kebab, sup kari kental, perkedel hingga nasi. Ia merupakan salah satu pengganti terbaik untuk bahan MSG karena sama-sama mampumemberi rasa gurih pada makanan.Dalam rubric Spice edisi kali ini, PASSION ini mengajak para pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang lentil; kacang mungil yang kerap diremehkan namun  mengandung ratusan khasiat bagi tubuh serta bisa menjadi alternatif alami MSG sebagai pemberi rasa gurih.

Selain citarasa khas, lentil yang kaya akan serat pun memiliki manfaat tinggi bagi tubuh. Ia terbukti mampu menurunkan kolesterol serta kadar gula, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang menjalani program diet penurunan berat badan maupun pola hidup sehat, disamping khasiat-khasiat lainnya seperti anti-oksidan, pencegah diabetes, penjaga stamina tubuh hingga menguatkan tulang.

Di Indonesia sendiri, biji lentil memang tidak banyak digunakan untuk membuat suatu hidangan, namun belakangan banyak chef ternama dan pakar kesehatan lokal yang telah mulai mengadopsi lentil dalam masakan kreasi mereka. Salah satu jenis hidangan berbahan dasar lentil yang popular adalah sup kental lentil; yang merupakan perpaduan labu, bawang Bombay, daging sapi, krim kental dan susu yang nikmat disantap selagi hangat dengan potongan baguette atau roti naan yang renyah.

Terdapat sejumlah kiat untuk memilih kacang lentil yang baik; pertama, pilihlah jenis lentil yang sudah kering sempurna, ada keriput pada bagian kulit keringnya dan bersih. Kedua; usahakan untuk memilih lentil yang warnanya sama, tegas,tidak terlalu cerah maupun tidak terlalu gelap. Ketiga; jika memilih jenis lentil yang sudah dibuat menjadi tepung, maka pastikan aromanya kuat dan tidak tengik. Lentil bisa disimpan dalam toples kedap udara agar rasanya tidak rusak atau dimakan oleh serangga. Jika disimpan dengan baik, biji mungil ajaib ini bisa bertahan hingga satu tahun lebih.

0 0
Feed