Electrolux

The History of Electrolux

Pada tahun 1908, seorang salesman Swedia yang ambisius dan muda, Axel Wenner-Gren, sedang berkunjung ke Wina. Di jendela toko, ia melihat sesuatu yang akan membentuk sisa hidupnya: penyedot debu listrik Amerika yang beratnya 20 kg. Wenner-Gren segera memahami bahwa jika ia dapat membuatnya lebih ringan, ia dapat menciptakan produk yang menarik yang akan membentuk kehidupan menjadi lebih baik bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Beberapa tahun kemudian sebagai agen penjualan yang sangat bersih di Jerman, Wenner-Gren telah mengumpulkan semua pengalaman yang dia butuhkan untuk memulai sendiri. Kembali di Stockholm ia menghubungi dua perusahaan, Elektromekaniska dan Lux. Elektromekaniska sudah menghasilkan salinan pembersih Amerika untuk pasar Swedia dan segera mulai bekerja dengan Wenner-Gren pada versi yang lebih ringan. Pada saat yang sama, produsen lampu luar tanah minyak tanah, Lux, mulai memproduksi penyedot debu sebagai pengganti bisnis lampu yang menurun.


Pada tahun 1912, ketiga mitra meluncurkan pembersih pertama mereka, Lux I, sebuah mesin revolusioner karena mereka berhasil mengurangi bobot hingga 30% menjadi 14 kg. Lux memulai awal penjualan yang hebat, tetapi Wenner-Gren dan timnya tidak puas. Konsumen memberi tahu mereka bahwa 14 kg masih terlalu berat, sehingga mereka terus bekerja pada mode yang lebih ringan.


Pada tahun 1916, mereka menyajikan Lux III, yang beratnya tidak lebih dari 3,5 kilogram. Papan Lux (Lux adalah perusahaan independen saat ini), mengira versi baru itu adalah mainan dan tidak akan membiarkan Wenner-Gren menggunakan merek Lux untuk produk ini. Karena itu Wenner-Gren memulai perusahaannya sendiri, Elektron, untuk menjual produk.


Pada tanggal 29 Agustus 1919, mengikuti sejumlah perubahan hukum, Elektromekaniska mengubah namanya menjadi AB Electrolux untuk menjadi perusahaan penjualan utama di tempat yang sekarang dikenal sebagai kelompok perusahaan Wenner-Gren.


Kategori ProdukElectrolux memiliki 3 kategori produk yang menjadi: Taste, Care & Wellbeing. Ketiga kategori tersebut menjadi fokus Electrolux sesuai dengan porsinya masing-masing untuk selalu berinovasi memenuhi kebutuhan konsumen untuk mewujudkan kehidupan lebih baik.


Khusus untuk kategori taste, Electrolux memiliki berbagai produk mulai dari lemari es, kompor tanam gas, kompor tanam induksi, cooker hood, Free Standing cooker, oven tanam, microwave oven dan berbagai macam small appliances seperti blender, food processor, rice cooker, coffee maker, hingga oven toaster. 


Beberapa produk yang menjadi andalan Electrolux adalah lemari es NutriFreshTMInverter, Oven, Kompor Tanam Gas & Induction. Lemari es NutriFresh Inverter memiliki teknologi untuk menjaga kesegaran sayur dan buah hingga 7 hari. Built in Oven Electrolux memiliki UltraFan Plus yang mengedarkan panas secara merata ke seluruh oven. Kompor tanam gas Potenza adalah yang memiliki SABAF Crown Burner untuk menghasilkan panas yang tinggi dan pembakaran yang stabil serta memiliki pengaman gas yang berfungsi menutup aliran gas dengan segera jika api tidak sengaja padam.


“Target utama Electrolux adalah mereka yang sudah sudah berumah tangga atau memiliki anak, kaum urban, memiliki penghasilan yang cukup untuk menggambarkan daya beli yang tinggi. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keinginan untuk mencoba sesuatu pengalaman baru, open minded, dan juga memiliki interaksi sosial yang tinggi,” jelas Iffan Suryanto, Presiden Direktur Electrolux Indonesia.


Selain penetrasi di channel-channel yang memiliki demand untuk penjualan produk cooking, seperti toko elektronik maupun sanitary store. “Kami juga fokus untuk melakukan promosi melalui digital marketing dan juga menggunakan Key Opinion Leader (KOL) yang memiliki passion di bidang cooking seperti chef ataupun home cooks dimana mereka menyampaikan benefit yang dirasakan saat menggunakan produk cooking Electrolux,” kata Iffan.


“Salah satu tantangan utama yang dihadapi Electrolux adalah fakta bahwa kebanyakan konsumen tidak mendapat informasi yang cukup mengenai benefit dari produk. Yang sering terjadi, konsumen sering memilih produk berdasarkan tampilan desain ataupun harga tanpa mengetahui betul mengenai fitur yang mereka dapatkan. Harga dan desain memang mudah dilihat secara visual namun benefit yang akan didapatkan setelah menggunakan produk itu yang cukup menantang untuk dijelaskan,” tambah Iffan.


Electrolux Indonesia

Jl. Abdul Muis No.34, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat 10160

Phone: +6221 5081 7300, www.electrolux.co.id

0 0
Feed