The Flavorful Star Anise

Di edisi kali ini, PASSION ingin mengulik tentang khasiat serta manfaat rempah ‘Star Anise’ atau yang biasa dikenal sebagai bunga lawang.


Berasal di dataran Tiongkok dan juga tumbuh subur di dataran Vietnam, bunga lawang merupakan rempah mujarab yang kaya akan citarasa sehingga jamak dipakai sebagai penyedap rasa dalam masakan Asia. Bentuk daunnya yang bertekstur tajam dan terdiri dari delapan ruas membuatnya menyandang nama ‘Star’ atau ‘Bintang’ dalam bahasa Inggris. Di China sendiri, rempah ini dikenal sebagai salah satu dari ngo hiang atau ‘Lima Bumbu Utama’ bersama adas, cengkih, kayu manis, dan juga lada Szechuan.


Bunga Lawang masuk kategori istimewa karena memiliki akar manis serta menghasilkan aroma wangi. Tidak heran jika rempah kering ini menjadi bahan pokok pada makanan di banyak negara di asia Asia seperti dalam sup Vietnam yang biasa dikenal dengan ‘pho’. Di negeri India ia dikenal sebagai salah satu campuran dalam garam masala, yang juga terdiri dari cengkih, kayu manis, merica hitam, jintan, ketumbar yang digunakan sebagai bumbu untuk nasi biryani yang sedap, dan juga beraneka ragam kari.


Di Indonesia sendiri, meski tidak sepopuler lada atau pala terdapat sejumlah masakan yang menggunakan bunga lawang sebagai salah satu bahan penyedap, salah satunya pada hidangan oriental seperti sapo tahu. Secara umum, bunga lawang bisa digunakan baik secara utuh maupun ditumbuk halus terlebih dahulu. Selain rasanya yang menyerupai adas manis, aroma bunga lawang yang harum semerbak dapat menyeimbangkan masakan berbumbu tajam; seperti gulai kambing, rendang, dan lain sebagainya. Minyak yang dihasilkannya pun sering dipakai sebagai bahan baku minuman teh dan perisa alami.


Bukan hanya menyedapkan masakan, bunga lawang juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Kandungan asam shikimat (shikimic acid) dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai obat influenza. Sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dimiliki bunga lawang juga berguna dalam pengobatan asma, bronchitis, dan batuk kering. Sementara itu linalool, senyawa lainnya pada bunga lawang mengandung sifat antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Dari segi medis, bunga lawang sudah terbukti memiliki khasiat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit; mulai dari mengurangi nyeri haid, mengobati batuk menghilangkan bau mulut tak sedap, mengatasi influenza, hingga mencegah penyakit jantung.

0 0
Feed