The Extravagant Cardamom

Sebagai salah satu rempah menjadi incaran bangsa Eropa, khasiat kapulaga membuatnya lebih dari sekedar bahan bumbu masak biasa. Di edisi kali ini, PASSION coba menelaah (mengupas) manfaat mewah buah mungil tersebut.

Kendati anda sudah cukup familiar dengan hidangan seperti kari, gulai, atau soto, belum tentu mengenal buah kapulaga yang menjadi salah satu bahan dasar utamanya. Ya, namanya memang terdengar cukup ‘asing’ (dan keren). Kapulaga merupakan salah satu rempah ternama Asia Tenggara yang mulai diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 1986 silam sebagai komoditi eskpor. Orang Inggris mengenal buah mungil berwarna pucat ini sebagai cardamom, dan menjulukinya grain of paradise´atau  ‘bulir surgawi’. Selain di Indonesia, kapulaga juga dapat tumbuh subur di sejumlah negara Asia Tenggara, seperti  Thailand, Kamboja, Malaysia Barat dan Filipina.

Bentuk biji kapulaga sendiri cukup mudah dikenali, polongnya berukuran kecil berwarna hitam dengan penampang irisan segitiga, berbentuk gelendong, dengan kulit luar yang tipis. Sebagai bahan masakan, kapulaga dikenal menghasilkan aroma nikmat yang menambah nafsu makan. Aroma tersebut berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh kapulaga. Bau minyak atsiri merupakan senyawa yang juga terbentuk dalam beberapa tanaman berbau harum lainnya, seperti kamper, beberapa varian jeruk dan juga minyak kayu putih. Karena aromanya yang kuat dan menawan, kapulaga digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dan kuat pada makanan, terutama yang berbahan amis seperti pada daging sapi dan kambing, sehingga tak heran biji mungil ini menjadi bahan mutlak yang harus ditambahkan pada masakan seperti nasi kebuli, gulai kambing, empal gentong hingga soto banjar.

Bukan hanya sebagai penyedap masakan, khasiat kapulaga sebagai obat-obatan juga telah terbukti sejak lama. Sejumlah manfaat kapulaga bagi tubuh antara lain sebagai obat kuat bagi orang yang merasa lemas atau lemah akibat kecapaian, dan bagi yang berpenyakit encok atau rematik. Selain itu juga dapat menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan, sebagai pereda batuk, serta sakit perut. Air rebusan batang kapulaga pun jamak digunakan sebagai obat penurun panas demam.

Dengan segenap khasiat dan manfaat di atas, tak heran jika kapulaga masuk dalam jajaran rempah paling dicari di seantero jagat. Situs informasi ternama Wikipedia menyebut bahwa kapulaga kini menjadi rempah termahal ketiga di dunia setelah saffron dan vanilla. Hebat banget ya, si mungil ini!

0 0
Feed