The Bursting Fresh Lemon Basil

Hingga kini di Indonesia, kemangi selalu diasosiasikan sebagai teman sejati lalapan (atau minimal campuran air ‘kobokan’nya). Namun ternyata tanaman dengan bau dan rasa khas yang segar ini juga memiliki banyak ragam manfaat bagi tubuh hingga dijuluki ‘daun suci’ atau ‘holy herb’ di sejumlah negara. Berikut PASSION coba mengajak para pembaca untuk mengupas (memetik?) lebih dalam lagi tentang dedaunan hijau nan cantik ini. Yuk kita simak bersama!


Dikenal sebagai Omicum Basillum dalam bahasa Latin atau Lemon Basil dalam bahasa Inggris, kemangi sejatinya berasal dari negara Iran, namun bisa tumbuh dengan subur di sejumlah negara lain beriklim tropis seperti India dan Indonesia. Daun kemangi berukuran kecil dan tumbuh membentuk semak-semak yang bisa mencapai tinggi 1 meter di usia puncaknya. Berdasarkan warnanya, kemangi dapat dibedakan menjadi dua macam yakni Asian basil dan Mediteranian sweet basil; yang pertama memiliki bunga berwarna merah muda, sedangkan Mediteranian sweet basil memiliki daun berwarna hijau.

==================================================================================================================================================


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kemangi di Indonesia biasa disantap sebagai pelengkap utama pada hidangan lalapan, baik ayam maupun ikan goreng; citarasanya agak manis, aromatik dengan sedikit sensasi dingin yang menyegarkan mulut. Maka jangan heran jika daun ‘ajaib’ ini juga dicampurkan ke dalam semangkuk air cuci yang berguna untuk menghilangkan amis yang melekat setelah bersantap dengan tangan. Awas, jangan diminum ya!

Bukan hanya berfungsi sebagai penyegar mulut, manfaat kemangi rupanya juga tidak main-main. Hampir seluruh bagian tanaman ini memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh; seperti menghilangkan bau badan dan bau mulut, anastesi, merangsang aktivitas saraf pusat, melebarkan pembuluh kapiler, menguatkan hepar, merangsang hormon estrogen, merangsang faktor kekebalan tubuh, melebarkan pembuluh darah, mencegah pengentalan darah, melancarkan sirkulasi, menurunkan gula darah, antihepatitis, diuretik, merangsang saraf, dan analeptic hingga mencegah pengeroposan tulang. Namun dari semua yang disebutkan di atas, manfaat utama yang membuat kemangi semakin luar biasa adalah kemampuannya untuk mencegah kanker. Ya, zat fitokimia di setiap daunnya terbukti sangat ampuh untuk menghambat berkembangnya sel ganas penyebab penyakit mematikan tersebut. Bagi ibu menyusui, kemangi juga terkenal sebagai stimulant ASI yang jitu.

Selain lalapan, kemangi juga jamak digunakan dalam olahan menu tradisional Indonesia; mulai dari hidangan yang merakyat di seantero nusantara seperti pepes, soto ala Bantul, ayam woku andalan Manado hingga sayur trancam khas Jawa Tengah.

0 0
Feed