Tasting The Liquid Gold

Berbeda dengan wine pairing yang mulai dikenal masyarakat umum, konsep whisky pairing masih asing bagi banyak orang. Justru hal ini malah membuat Macallan semakin semangat untuk memperkenalkan konsep ini pada The Macallan Whisky Pairing Dinner yang diadakan pada 6 Desember 2018 di Vin+ Arcadia, Senayan.

Melakukan pairing whisky merupakan hal yang cukup tricky. Jika wine memiliki berbagai jenis anggur, 60% rasa dan aroma whisky ditentukan oleh oak cask. Macallan telah populer melalui produk whisky 12 tahun dengan 3 varian: Fine Oak, Double Cask, Sherry Oak, dan untuk dinner kali ini, dengan konsep 4 course dinner, terdapat 1 tambahan varian lagi yaitu Rare Cask.


Harus kami akui, makanan yang dihidangkan Chef Djoko Sarwono kali ini merupakan menu klasik fine dining yang cenderung aman, mengingat fokusnya adalah pengenalan konsep whisky pairing. Dinner dimulai dengan Pan Seared Foie Gras dan The Macallan Fine Oak 12 YO. Yang unik dari Fine Oak adalah, selain menggunakan American dan European Sherry Season Oak, Macallan menambahkan cask ketiga yaitu American Ex Bourbon yang memberikan aroma vanilla, fruit, dan spice namun tetap light. Ini merupakan penegasan bahwa Macallan tidak harus selalu strong dan full body.


Dinner dilanjutkan dengan menu klasik kedua Crispy Roasted Duck with Orange Sauce dengan pairing The Macallan Double Cask 12 YO, Beef Medallion with Mushroom Sauce dengan The Macallan Rare Cask, lalu ditutup dengan Chocolate Fondant and Vanilla Ice Cream dan The Macallan Sherry Oak 12 YO.


Jika Anda mendapat undangan whisky pairing, berikut ini adalah tips menikmati whisky agar Anda terlihat seperti seorang profesional. Berbeda dengan wine, Anda tidak perlu melakukan swirling pada gelas. Anda boleh memutar gelas sedikit dan memiringkannya untuk membandingkan warna whisky. Dengan kadar alkohol yang mencapai 40%, aroma whisky tentunya sangat kuat. Oleh sebab itu, bukalah mulut Anda sedikit ketika menghirup whisky agar Anda dapat menikmati aromanya tanpa terganggu intensitas alkohol. Tidak masalah jika Anda melakukannya berulang-ulang ketika tasting, karena memahami aroma whisky memang relatif lebih sulit dibandingkan wine.


Setelah terbiasa dengan wine pairing, konsep whisky pairing merupakan hal yang cukup menarik sekaligus menantang. Jika Anda tertarik, tidak ada salahnya untuk mengikuti akun Instagram @vinplusid untuk mendapatkan update mengenai acara-acara yang akan mereka selenggarakan.

0 0
Feed