Kertawidiyawati

Srikandi Edukasi Wine

Mengawali karir di dunia perhotelan, Ni Nyoman Kertawidyawati jatuh hati pada seluk beluk wine yang kompleks dan unik sehingga memutuskan untuk terjun ke bidang tersebut. Kini, ia menjadi salah satu dari segelintir edukator wine wanita yang handal di Indonesia. Bersama PASSION, ia membagikan sejumlah aspek menarik dari karirnya yang gemilang sebagai Development Manager di Hatten Education Center berikut ini...

Bisakah anda jelaskan keterlibatan anda pada perkembangan industry wine, khususnya di Bali?


Keterlibatan saya di industry wine terutama melalui Hatten Winery sebagai wine produser dan wine distribusi dari Brand Hatten Wine, Two Island and Dragonfly. Selain itu melalui Hatten Education Center mengambil peran sebagai Lembaga yang memberikan pelatihan baik dalam skala local program dan international sertifikasi wine knowledge melalui program Wine & spirit Educational Thrust – WSET.


Sejak kapan anda mulai tertarik untuk menekuni dunia wine? 


Ceritakan sedikit bagi para pembaca kamiMulai dari background bekerja di Hotel terutama di department food dan beverage (F&B) dimana karena pekerjaan bersinggungan langsung dengan wine dan penyajian wine kepada para customer.


Menurut anda, apa tantangan terbesar bagi para sommelier asal Indonesia ke depan?


Tantangan ke depan untuk sommelier indonesia adalah ketersediaan wine dan kemampuan untuk mencicipi wine dalam konteks belajar melalui tasting wine. Dengan adanya embargo perdagangan yang membuat produk Eropa termasuk wine tidak masuk ke indonesia, dan harga wine yang mahal karena jumlah pajak yang sangat tinggi.


Sebutkan tiga produk brand Hatten yang akan anda rekomendasikan bagi para pencinta wine yang datang ke Bali (beserta alasannya)


Setiap wine punya keunikan sendiri, namun yang saya rekomendasikan dari brand Hatten Wines adalah sebagai berikut:


• Hatten Sparkling Tunjung – sparkling wine ini sangat direcomendasikan karena keunikan rasa yang ada di dalam wine ini, very fresh, fruit aromatic, perfect pairing with most all food, light and refreshing cocok untuk semua acara 

• Hatten Sweet Alexandria – semi sweet wine wine best pairing dengan hampir semua makanan Indonesia

• Hatten Pino de Bali – Sweet Fortified wine, produk yang luar biasa rich complexity wine because of the long aging creating incredible flavour component, goes very well for pairing with dessert, blue cheese, bahkan digunakan sebagai bagian dari process memasak


Bagaimana periode pandemi COVID-19 mempengaruhi Hatten Wine sejauh ini? Adakah rencana antisipasi untuk ke depan?


Sama dengan sebagian besar bisnis lain di Bali, Hatten Wines juga sangat dipengaruhi dengan kegiatan tourism, penjualan melalui retail shop, online channel dan personal masih berjalan.Rencana antisipasi ke depan tetap seperti sebelumnya bekerja sama dengan pelaku bisnis lain seperti hotel, restoran dan wine shop dalam upaya distribusi wine. 


Bagaimana dengan Hatten Education Center sendiri? Apakah sudah ada metode alternatif untuk melanjutkan proses belajar-mengajar?


Dalam kondisi COVID ini kami meluncurkan Gerakan #dirumahajabelajarwine dengan menayangkan edisi video pengetahuan mengenai wine dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan menggunakan platform YouTube , perlu di ketahui sangat minimnya video pengetahuan mengenai wine dengan menggunakan Bahasa indonesia yang tersedia dan bisa di akses oleh public.


Episode pertama berjudul “Apa Itu Wine” episode ini memberikan pengetahuan dasar mengenai apa itu wine, apa yang mempengaruhi wine dan apa yang membuat wine berbeda.Video kedua berjudul “Type dan Style Wine” episode ini memberikan pengetahuan dasar mengenai apa itu tipe dari wine dan apa yang mempengaruhi style dari wine.Video ketiga berjudul “Apa isi dari wine” episode ini memberikan pengetahuan dasar mengenai apa isi dari wine, apa rasa yang ada di dalam wine dan istilah yang biasa digunakan dalam mengapresiasi wine pada saat wine tasting.


HEC juga membuat penyesuaian dalam pelatihan dengan membuat program basic wine berbasis video, untuk detail mengenai program online ini silahkan mengunjungi www.hatteneducation.id. Selain itu didalam website HEC kami siapkan juga format wine quiz online sebagai bagian dari wine fun learning activities yang bisa di akses oleh public secara gratis.


Sebagai bagian dari pengembangan pengetahuan mengenai wine, HEC dan ISA Bali Chapter secara regural melakukan kegiatan webinar online masterclass yang terbuka juga untuk public dengan bantuan teman teman wine dari seluruh dunia, detail program bisa dilihat di IG @Hatteneducationcenter, sejauh ini pembicara dari Singapore, Newzealand, Hungary, Hongkong, France, Portugal, Switzerland, Australian membantu dalam program ini.


Apa miskonsepsi tentang wine yang sangat ingin anda luruskan bagi para khayalak awam?


Belajar wine itu susah dan membingungkan mulainya dari mana. Ternyata kalau sudah tahu fondasinya lebih mudah mengembangkan pengetahuan apa yang harus di cari, mulai dari terroir, grape variety dan wine style dari masing masing region.


Tips praktis bagi mereka yang ingin berkarir sebagai sommelier...


Find your study group, karena akan bisa membantu mengembangkan pengetahunan melalui sharing session termasuk sharing cost untuk tasting wine. Juga merupakan ide yang cemerlang untuk bergabung di Indonesia Sommelier Assocation dengan program training dan aktivitas yang membantu members untuk bisa belajar bersama sama.Focus your study mulai dari penguasaaan wine list di tempat kerja masing masing, sebelum mencoba mendalami wines dari region lainnya.


Hatten Wines

Jalan By Pass Ngurah Rai No. 393Sanur, Denpasar – Bali 80228

Phone: +62 361 472 1377www.hattenwines.com

0 0
Feed