Pencapaian Sang Pangeran Pastry

Di skena memasak internasional, nama Will Goldfarb sudah cukup dikenal secara luas. Selain pernah dinominasikan sebagai salah satu kandidat dalam penghargaan James Beard Award nan prestisius, pria kelahiran Port Washington, New York ini pun sempat menjadi host acara memasak prestisius Chef’s Table dari Netflix. Di Bali sendiri, Chef Will semakin mengukuhkan predikatnya di dunia pastry lewat kedai kue berkonsep ‘fine dining’ eksklusif miliknya, Room 4 Dessert (R4D) Ubud. Berikut obrolan santai kami dengan sang Pangeran Pastry...

Ceritakan kepada kami perihal Room4Dessert (R4D). Apa yang menginspirasi anda untuk memulai bisnis pastry di Bali?


Saya telah lama terobsesi dengan konsep ‘dessert bar’ (kedai hidangan ringan). Setelah enam tahun di sini, kami akhirnya telah menemukan rumah yang sempurna.


Mengapa anda memilih Ubud sebagai tempat mendirikan R4D? 


Apakah anda memiliki rencana untuk membuka lagi di tempat lain di Bali?Saya pikir Ubud adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk mendirikan restoran yang berorientasi pada produk. Fokus utama kami adalah para staf lokal yang sudah bekerja sejak R4D pertama kali dibuka. Sesungguhnya semua aspek dari Ubud memang sangat istimewa; mulai dari produknya sampai lingkungan sekitarnya. Perihal ekspansi, siapa yang tahu, selama ini kami menolak cukup banyak permintaan untuk membuka cabang, tapi anda tidak akan pernah tahu. Yang ingin saya perluas adalah konsep ‘Pasar’ kami, dan juga rencana untuk menjual menu R4D secara satuan / a la carte (di Ubud, menu yang ada hanya tasting / set menu), namun saat ini, kami masih tengah sibuk dengan dua gerai kami.


Bagaimana COVID-19 mempengaruhi bisnis anda secara umum? Dan bagaimana anda mempersiapkan diri untuk ‘New Normal’? Adakah inovasi yang patut kami nantikan?


Covid-19 membuat kami mengingat kembali tujuan kami sebagai bisnis berbasis komunitas. Kami awali dengan memastikan bagaimana cara kami bisa memberi makan para staf kami. Berikutnya, kami juga fokus untuk membantu mereka yang kekurangan lewat program ‘Dharma Buns’. Kini, kami bisa mulai melihat seperti apa hidup dalam era ‘new normal’ ini. Kami telah bisa fokus pada kesehatan dan juga keselamatan para tamu kami dengan protokol baru, serta bisa menawarkan lebih banyak lagi pilihan barang di Pasar by R4D; sebuah toko bahan makanan yang menjual produk bahan baku yang 100% berasal dari kebun milik R4D. 


Apa ciri khas dari kreasi pastry anda?


Lezat. Indah. Menarik


Anda telah memperoleh sejumlah penghargaan prestisius sepanjang karir anda; termasuk tampil dalam serial Chef’s Table dari Netflix. Bisakah anda sebutkan dua pencapaian paling berkesan sejauh ini?


Pencapaian terbesar sepanjang hidup saya adalah memiliki keluarga yang indah. Pencapaian kedua saya adalah memiliki ‘keluarga’ yang sungguh luar biasa di Room4Dessert, yang mana sudah bekerja di sini sejak pertama kali buka.


Bagaimana anda ingin dikenang?


Sebagai seseorang yang sudah mencintai (sesama) dengan baik


Room 4 Dessert

Jl. Raya Sanggingan, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80561

Phone: +62 813 3705 0539, www.willgoldfarb.com

0 0
Feed