Pathogen, What You Need to Know

Patogen atau bakteri berbahaya bisa membuat Anda sakit melalui gejala ringan hingga berat. Pada dasarnya patogen adalah kelompok kecil bakteri yang meski jumlahnya kecil, patogen ini menular dan berbahaya. Bakteri patogen dapat melukai tubuh dengan cara memproduksi racun di makanan Anda. Racun ini tahan terhadap panas, artinya, setelah makanan Anda terkontaminasi, proses masak dapat membunuh bakteri, namun tidak menghancurkan racun di dalamnya. Pada akhirnya, Anda mengalami keracunan makan dan jatuh sakit. Salah satu contoh patogen adalah Clostridium botulinum, bakteri yang terdapat pada makanan kalengan yang memproduksi botulin, neuro-toxin yang dapat menyerang sistem saraf dan membuat Anda lumpuh.

Awalnya, mekanimse ini dikenal dengan nama intoksifikasi, mekanisme lainnya adalah infeksi. Bakteri patogen yang bertahan hidup ketika masuk ke dalam perut Anda akan berkembang biak dan menyerang organ dalam. Penyakit terjadi ketika sel di tubuh Anda terluka akibat infeksi dan gejala penyakit muncul, seperti demam, tidak enak badan, sakit kepala, ruam akibat aktivitas sistem kekebalan tubuh untuk mencoba melawan infeksi pada tubuh. Tubuh Anda memiliki siste kekebalan, sekumpulan polisi yang mencoba menangkap dan membunuh penyusup tersebut.


Ada beberapa penyakit yang kita kenal disebabkan oleh bakteri seperti yang terlihat di tabel 1. Yang perlu Anda ketahui adalah cara mencegah dan membunuh bakteri tersebut supaya mereka tidak menjadi ancaman di dapur Anda.



* Tetuko Dito Widarso adalah seorang ahli keamanan pangan, CEO dan Co-founder of Smiley Restaurants

0 0
Feed