Seaweed

Ocean Superfood : Japanese Seaweed(s)

Rumput laut Jepang, atau yang biasa dikenal sebagai ‘Nori’, merupakan salah satu bahan baku utama dalam masakan Negeri Matahari Terbit tersebut. Namun tahukah kamu bahwa ternyata terdapat beragam jenis rumput laut Jepang lainnya yang digunakan dalam hidangan berbeda sesuai citarasanya? Passion mencoba untuk merangkum ragam varian rumput laut Jepang dalam Spice edisi kali ini.

Sejak dahulu kala, rumput laut sudah dianggap sebagai ‘superfood’ dan salah satu kunci rahasia umur panjang dan awet muda orang Jepang. Kini, bukan hanya sebagai bahan baku memasak, berbagai produk kecantikan pun sudah menggunakan bahan baku rumput laut. Nori atau rumput laut hijau merupakan jenis rumput laut Jepang yang paling dikenal di dunia, terutama karena citarasa gurihnya yang sedap.


Namun nyatanya, nori bukanlah satu-satunya jenis rumput laut yang berasal dari Jepang, lho! Selain nori, terdapat pula sekitar lima varian rumput laut yang juga jamak digunakan sebagai bahan memasak di beberapa makanan khas Jepang. Pertama, ada Kombu, yang bertekstur sedikit lembek dan jamak digunakan sebagai penyedap sup miso, nabe ataupun shabu-shabu. Kombu dikenal kaya nutrisi sehingga baik untuk pencernaan dan reproduksi sel tubuh. Kemudian ada pula Hijiki, yang sering dijual kering dengan bentuk menyerupai daun teh. Rumput laut jenis ini dikenal kayak vitamin seperti magnesium, kalsium hingga zat besi, dan biasanya dipakai sebagai penambah citarasa pada nasi putih.


Lalu ada Wakame, yang bertekstur mirip Kombu dan rasanya lezat dengan sedikit sentuhan manis alami. Orang Jepang biasa menyantap rumput laut ini dengan udon, tempura atau spaghetti. Tak ketinggalan ada pula Aonori, yang biasa dijual dalam bentuk bubuk. Citarasanya yang gurih dan kaya serta bentuknya yang praktis membuat rumput laut satu ini bisa dijadikan campuran masakan maupun saus. Terakhir, ada Mozuku, yang menjadi kebanggaan masyarakat daerah Okinawa sebagai penghasil utamanya. Vitamin K dalam Mozuku sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak heran penduduk Okinawa dinobatkan sebagai masyarakat dengan rentang umur terlama di dunia, wow!


Rupanya rumput laut Jepang bukan hanya sehat, tapi juga sangat beragam jenisnya. Apakah kamu sudah pernah mencoba semuanya?

0 0
Feed