Next LevelTaste of Quality

Bertempat di restoran Gourmet Garage; yang berfungsi sebagai ruang pameran bagi Perusahaan Distributor Makanan Lotus Enterprises, acara eksklusif ini dihadiri oleh 30+ anggota dari berbagai tempat kuliner bergengsi di seluruh Bali dan sekitarnya. Acara ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang proses ‘Dry-Aging’ dan pentingnya sumber bahan dasar yang baik.


Seminar pertama tentang Tokusen Wagyu dipandu oleh bapak Sugiman selaku Kepala Penjualan & Pemasaran JAPFA; salah satu perusahaan agri-pangan terbesar di Indonesia yang telah memproduksi protein hewani yang penting selama lebih dari tiga dekade. Tokusen adalah salah satu merek daging premium mereka yang menitikberatkan pada produksi wagyu berkualitas dari sapi lokal Indonesia. Tidak hanya besar dalam ukuran pertanian, teknologi canggih di balik proses perawatan dan produksi mereka sangat mengesankan, karena faktanya tidak banyak peternakan di dunia yang mampu menghasilkan wagyu berkualitas premium. Pasokan sangat penting, dan Pak Sugiman menjelaskan bahwa Tokusen dapat memproduksi dan mengirimkan produksi merekanya langsung ke semua pelanggan melalui sistem pengiriman yang terintegrasi.


Bagian kedua dari seminar ini kemudian membahas perihal proses pengawetan daging ‘dry-aging’ yang disokong oleh Dry Ager; brand lemari dan kabinet ‘dry-aging’ prestisius. Dipandu oleh Kepala R&D kuliner Lotus, Chef Geoffrey, beliau menjelaskan tentang proses yang berasal dari Eropa ini, keunggulannya, aturan praktis, hingga sejumlah tips untuk menentukan kondisi daging. Setelah mendengarkan penjelasannya yang menyeluruh, proses dry-aging bisa diibaratkan seperti meniupkan nafas kehidupan kembali pada daging lewat citarasa dan tampilan mereka


Dry Ager sendiri memiliki beberapa fitur yang sudah dipatenkan, seperti temperature konstan ( dari 0o C hingga +25o C) yang diatur dalam satuan 0,1o C.Dry Ager juga mampu mengatur tingkat kelembapan udara dalam satuan 0,5% mulai dari 60% hingga 90% berkat HumiControl ®. Lalu alat ini juga sanggup memberikan microclimate konstan, meski dengan fluktuasi dari temperatur lingkungan sekitar, berkat sistem DX AirReg® yang terintegrasi.

Lokakarya menarik ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tasting secara langsung yang dibagi dalam dua kategori daging; yang melewati proses pengawetan ‘wet-aging’ biasa dan proses ‘dry-aging’, yang mana bahan dasarnya disediakan oleh Tokusen sendiri. Di sini, para peserta seminar akhirnya bisa merasakan semua teori dan pengetahuan yang dibagikan lewat lokakarya dengan indera pengecap masing-masing, dan hasilnya menakjubkan.


Tokusen betul-betul sukses membuktikan bahwa mereka memproduksi daging segar berkualitas prima. Bahkan untuk yang diawetkan secara ‘wet-aging’ standar, rasa serta teksturnya yang lezat berkelindan sempurna di setiap gigitan. Namun daging dengan proses ‘dry-age’ nya bisa disebut sebagai pencerahan tersendiri. Seperti yang telah dijelaskan dalam lokakarya, kadar air dagingnya memang tereduksi sebanyak 7-8 persen, namun berganti dengan tekstur ‘juicy’ murni yang meresap secara menyeluruh ke dalam tiap lembar daging tebal; mulai dari rumps, rib-eye hingga minced (cincang).


ni tentunya meningkatkan cara kita melihat dan merasakan daging ke level berikutnya dengan kualitas tinggi. Untuk saat ini, sepertinya bisa dibilang bahwa kita akan bergairah menantikan apa yang bisa Tokusen dan Dry Ager sajikan di masa depan lewat olahan berkualitas mereka.



PT. WAHANA BOGA NUSANTARA

Lotus Enterprises Building, Jl. Bypass Ngurah Rai No. 18, Jimbaran, Bali 80364

Phone: +62 361 701650, www.lotusfood.online

0 0
Feed