Mesmerizing Marjoram

Seperti halnya di Indonesia, masakan Italia dikenal menggunakan beragam rempah untuk semakin menyedapkan citarasa; terutama pada masakan jenis pasta. Salah satu jenis rempah yang paling jamak digunakan dalam menu ‘bakmi’ ala Italia tersebut adalah Marjoram. Dalam SPICE edisi kali ini, Passion coba ‘memetik’ lebih dalam tentang dedaunan asal dataran Yunani dengan bau harum aromatic khas tersebut, serta hubungannya dengan ‘saudara dekat’ oregano. Seperti apakah bedanya? Mari simak di bawah ini!

Asal-usul nama Marjoram sendiri tergolong unik. Dalam bahasa Yunani, ia berarti ‘Kebahagiaan dari Gunung’. Pada kepercayaan Yunani Kuno, jika sebuah kuburan subur ditumbuhi daun Marjoram, maka jiwa orang yang disemayamkan tersebut tengah menikmati kebahagiaan kekal. Saat ini, Marjoram seringkali diperbandingkan dengan Oregano, bahkan ada yang menyebut keduanya sebagai satu tumbuhan yang sama, namun pada faktanya, terdapat perbedaan antara Marjoram dan Oregano, terutama dari segi rasa; dimana Marjoram memiliki citarasa sedikit lebih manis ketimbang ‘sepupu’nya tersebut. Adapun keduanya masih sejenis dengan tanaman Mint.



Karena aroma dan rasanya yang khas, Marjoram (dan oregano) jamak pula digunakan sebagai rempah penyedap dalam masakan; terutama pada bumbu saus pasta Italia. Namun disinilah perbedaan antara keduanya menjadi lebih kentara. Jika Oregano dibubuhkan dalam jumlah banyak agar meresap, Marjoram cukup ditambahkan hingga selarut mungkin. Perpaduan pedas ala mint dan asam citrus jeruk dari Marjoram disebut mampu mengeluarkan citarasa kubis serta kacang-kacangan serta membuatnya semakin nikmat di lidah.

Selain bahan masakan, Marjoram juga dipergunakan sebagai bahan aromaterapi karena khasiatnya yang melimpah bagi kesehatan. Campurkan ke dalam secangkir teh hangat dan minumlah secara perlahan sembari mebaui harumnya yang menenangkan. Beberapa manfaat Marjoram bagi tubuh antara lain untuk mengatasi demam, gangguan pencernaan, kongesti sinus, asma, sakit perut, sakit kepala, pusing, batuk, pilek, dan gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf. Tidak hanya organ dalam, Marjoram juga baik untuk mengatasi masalah di permukaan tubuh; seperti rematik, keseleo hingga sakit pada gigi dan gusi.



0 0
Feed