Meracik Kopi Menggunakan Clever Dripper

Seorang Mira Yudhawati meski tidak memiliki espresso machine di rumahnya, ia tetaplah tipe seseorang yang meracik kopinya sendiri di berbagai kesempatan. Baik ketika di rumahnya saat akhir pekan bersama keluarga dan hari-hari di kantornya. Bahkan juga ketika menjadi penumpang pesawat di sela-sela perjalanannya keliling dunia sebagai juri kompetisi kopi internasional.


Selain menyukai kopi-kopi berjenis single origin, Mira juga melengkapi hobinya dengan berbagai alat yang memungkinkannya meracik kopi kapan
saja. “Kalau aku sehari-hari bawa penggiling kopi biasanya merek Comandante. Masih jadi favorit dan yang terbaik. Permukaan kayunya tidak bikin licin saat
dipegang dan hasil gilingannya presisi”, aku Mira.

Tapi Mira mengakui kalau saat traveling tidak juga selalu harus membawa alat giling. “Minimal aku bawa QBag atau Clever Dripper. Nanti tinggal
seduh di kamar hotel atau bahkan saat di pesawat tinggal minta air panas”,
begitu sahutnya.

Soal ngopi di pesawat menurutnya jadi keharusan tersendiri tertama untuk perjalanan jauh. “Cranky juga bawaannya kalau tidak ngopi misalnya perjalanan jauh ke Eropa atau Amerika. Tapi wangi-wangi kopi yang saya seduh malah bikin orang lain menengok ke saya!”, ujarnya sambil tertawa.

Kopi favoritnya dari Caswell’s adalah Ethiopia Yirgacheffe. Untuk produk lokalnya sendiri ada kopi Aceh dan khususnya Jawa Barat yang sedang naik daun belakangan ini. Intinya bagi Mira, ia suka kopi yang bercitarasa ringan tapi memiliki karakter-karakter unik.

Kali ini ia berbagi preferensi pribadinya dalam meracik kopi dengan menggunakan Clever Dripper.

CARA SEDUH DENGAN CLEVER DRIPPER


  •  Untuk menyeduh kopi, gunakan air bertemperatur antara 89C - 92C. Menurut Mira, maksimal boleh di 96C dan rata-rata orang menggunakan air di 94C. Suhu terlalu tinggi akan memberikan rasa terbakar pada kopinya.
  • Misalkan tidak ada indikator suhu pada pemanas air, didihkan air dan biarkan sekitar tiga menit agar suhu turun terlebih dahulu. Begitupun bilamendidihkan air menggunakan kompor.
  • Gunakan rasio standar 1:15. Mira menggunakan kopi 10 gram dan airsebanyak 150 ml. Meskipun ada kalanya rasio ini bisa berubah-ubah tergantung dari karakter kopinya.
  • Karena menggunakan Clever Dripper, proses menjadi lebih simpelketika penyeduhan. Cukup pastikan semua kopi rata dengan air dan biarkan selama 4 menit setelah selesai menuangkan air.
  • Pindahkan Clever Dripper ke atas gelas dan selanjutnya kopi akan menetes sendiri hingga selesai.
  • Nikmati perbedaan karakter kopi saat dinikmati selepas diseduh dan ketika sudah agak dingin.


PT Bon Cafe Indonesia

Jl.R.S. Fatmawati No. 15 A, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, 12560, Phone : +6221 750 2025

www.caswellscoffe.com

0 0
Feed