Menantikan Kembalinya Keberanian

Martin Berasategui, Chef dengan 12 Michelin star adalah orang yang tidak pernah kehilangan semangat. Namun, bahkan orang seoptimis Martin mengaku merasa, “seperti burung dalam kandang”. Bahkan, pengalaman selama 44 tahun di dapur sepertinya tidak cukup untuk mempersiapkan dirinya menghadapi pandemi yang menyebabkan 13 restorannya tutup selama 6 minggu. Kami berbicara dengan Martin soal kepercayaan para klien, kembalinya pariwisata nasional, hingga kreativitas di dapur yang “tidak akan pernah hilang”.

Bagaimana cara Anda menghadapi situasi ini?


Dengan isolasi luar biasa. Kami selalu siap untuk berjuang, namun tidak untuk kondisi seperti ini. Saya merasa seperti seekor burung dalam kandang. Saya selalu memikirkan dunia seperti apa yang akan kita temukan setelah pandemi ini berakhir.


Apakah Anda pikir kita akan mendapat kenikmatan yang sama, duduk di meja makan, seperti sebelumnya?


Saya rasa begitu, orang sangat ketakutan namun rasanya tidak perlu harus jatuh ke dalam histeria. Manusia telah hidup dalam berbagai situasi sulit, hal yang paling menyerupai pandemi ini mungkin adalah perang. Namun bedanya, dalam perang, semuanya hancur, sementara saat ini, semuanya tutup, namun tetap utuh. Saya yakin ilmu pengetahuan akan segera menemukan obat dan kita akan kembali beraktivitas di luar lagi, duduk di restoran, berbelanja di pasar, dan menikmati gastronomi.


Apakah Anda sudah melihat ujung dari ini semua?


Karena kesalahan maksimum, semuanya hancur dalam semalam. Saya memiliki banyak energi, tidak ada hal yang tidak dapat saya atasi, namun apa gunanya tenaga ini jika saya tidak boleh berbuat apa-apa? Ada pepatah kuno yang mengatakan, jika Anda adalah landasan besi, bertahanlah, jika Anda adalah palu, pukul dengan keras. Saya rasa, sekarang saatnya bertahan. Saat ini kita memang harus menderita, namun saya rasa nanti akan ada yang membantu kita keluar dair situasi ini.


Prosedur keamanan sedang dipikirkan untuk kemungkinan beroperasi kembali, apa pendapat Anda?


Jarak antar meja, masker, prosedur keamanan, semuanya memang baik, namun pada akhirnya itu semua hanyalah tambahan, yang dibutuhkan orang-orang adalah keberanian untuk keluar karena kesehatan mereka dijamin. Dan itu semua hanya bisa tercapai dengan vaksin. Saya percaya sains dan kemampuannya menyelamatkan dunia dengan menemukan solusi sesegera mungkin.


Mungkinkah kita menikmati “haute cuisine: tanpa pariwisata internasional?


Pelanggan di negara ini harus diyakinkan. Saya rasa akan ada banyak perjalanan menggunakan mobil, orang akan ingin bepergian ke luar dan menemukan kembali hal di sekitar mereka. Saya rasa kita akan ingin liburan ke kota atau pantai yang pernah kita kunjungi sebelumnya.


Bisakah hal tersebut mengembalikan nilai-nilai masakan tradisional?


Saya tidak percaya akan perbedaan antara masakan tradisional dan modern, semua resep lama pernah dianggap baru. Saya memiliki hidangan klasik yang dulu dianggap sebagai inovasi. Saya percaya bahwa seni kreasi, dan ilusi yang kita ciptakan tidak akan pernah hilang. Ada sedikit sekali chef kreatif di dunia dan kita akan terus berkreasi dan mengajarkan orang lain untuk masak, entah itu tradisional atau modern, yang jelas, makanan yang enak.


Keduanya memiliki format yang berbeda, menurut Anda, mana yang akan bertahan?


Saya telah menyajikan berbagai jenis hidangan di seluruh dunia selama bertahun-tahun dan saya rasa semuanya akan terus memiliki tempatnya masing-masing. Baik itu, restoran inovatif dengan kreasi terbaru, olahraga canggih, masakan kreatif, snack kasual, masakan pantai, atau show cooking. Kita semua harus mendengarkan klien yang akan memberitahu kita kemana kita harus pergi.


Untuk sementara ini, apa yang Anda lakukan selama masa pembatasan?


Saat ini hanya sedikit yang kita bisa berikan sebagai cook, selain memberikan saran bagi orang-orang untuk makan di rumah dengan makanan yang bervariasi, konsumsi daging rendah lemak, dan memperbanyak asupan buah dan sayuran. Dengan rendah hati, jangkaulah semua pihak dan ini adalah satu lagi pelajaran dalam hidup. Cara terbaik untuk tidak kehilangan harapan adalah dengan terus memenuhi hidup kita dengan banyak kegiatan.



0 0
Feed