Manadonese Flavored Italian Cuisine

Aryaduta mengundang Chef Petty Elliott untuk berkolaborasi dengan Matteo Meacci, Executive Chef Ambiente untuk membuat masakan Italia dengan sentuhan Manado pada Kamis 2 Mei 2019. Selain dikenal sebagai seorang food writer, Petty Elliott juga diakui keahliannya dalam mengolah masakan Indonesia, terutama Manado.


Keduanya berkolaborasi untuk menyajikan 5 menu makan malam unik yang belum pernah dilakukan Manadonese Flavored Italian Cuisinesebelumnya. Meski memiliki penampilan khas hidangan Italia, ternyata Petty memberikan sentuhan rasa Manado pada semua menu tanpa berusaha untuk mendominasi.


Makan malam dimulai dengan hidangan pertama: Sup Udang, Tomat, Paprika, Bumbu Woku yang tampak seperti sup tomat ala Italia. Kemudian, Ikan Gohu merupakan menu tuna carpaccio yang disajikan dengan bawang merah, cabai, perasan jeruk limau, dan extra virgin coconut oil. Bisa dibilang, ini adalah gohu tuna yang disajikan dengan gaya carpaccio, sangat menyegarkan!


Bagi kami Lodeh Labu Kuning merupakan highlight pada acara ini. Meski penampilannya cenderung sederhana, seperti ravioli yang disajikan saus, jujur saja kami belum pernah makan hidangan seperti ini. Bayangkan Anda makan sayur lodeh dengan rasa otentik dalam bentuk ravioli. Kombinasi konsistensi saus yang begitu nyaman di lidah dan rasa lodeh yang familiar membuat Anda merasa “di rumah”.

Bubur Manado & Ikan Kakap kembali mengejutkan kami. Bubur Manado yang dibuat dalam bentuk risotto, lengkap dengan bayam, jagung, ubi, dan sambal roa, disajikan dengan pan-fried fillet Barramundi. Meski terdengar aneh, menu ini merupakan kolaborasi seimbang, terlihat bahwa Petty dan Matteo tidak berusaha untuk mendominasi satu sama lain. Makan malam ditutup dengan Klappertart yang manis.


Banyak orang yang agak anti dengan istilah “fusion”. Begitu melihat nama dan penjelasan pada menu, jujur saja kami agak mengernyitkan dahi. Namun keraguan kami tidak terbukti, Petty dan Matteo berani mengambil resiko untuk membuat kombinasi rasa baru yang eksploratif. Bisa jadi ini adalah jalan untuk membuka banyak konsep kolaborasi fusion serupa di masa depan. Konsep fusion memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Setidaknya itulah kesimpulan kami mengenai kolaborasi ini.

0 0
Feed