Indonesia (Sweet) Wonder Spice : Cinnamon

Dengan citarasa serta aroma sedap yang khas, Kayu Manis / Cinnamon sudah lama menjadi bahan dasar utama dalam pembuatan kue. Berikut Passion coba telaah lebih dalam kegunaan dari rempah asli nusantara ini. Yuk, kita simak sama-sama!


Seperti namanya, ‘Kayu Manis’ secara harafiah berasal dari ekstrak kulit luar pohon Cinnamomum. Hingga saat ini, bahan berwarna coklat tersebut masih menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar Indonesia lho! Keren ya!

Karena baunya yang harum dan khasiatnya yang berlimpah bagi kesehatan tubuh, Kayu Manis sangat jamak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan beraneka ragam kue atau kudapan ringan, bahkan minuman sekalipun. Namun perlu diperhatikan juga takaran penggunaanya, karena aromanya yang kuat bisa jadi akan membuat masakan anda tertutup sepenuhnya! Misalnya untuk masakan berkuah, gunakan kayu manis batangan yang panjangnya tak lebih dari 5 cm ke dalam seliter bahan cair. Untuk roti, cake atau pun kue kering cukup tambahkan sekurang-kurangnya sesendok teh kayu manis bubuk atau sesuaikan dengan resep yang ada.

Dari segi kesehatan, manfaat Kayu Manis juga tidak bisa diremehkan. Ia terbukti mampu bertindak sebagai obat sejumlah penyakit serius; diantaranya asam urat, darah tinggi, maag, tidak nafsu makan, sakit kepala (Vertigo), masuk angin, diare, perut kembung, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, asma, sariawan, sakit kencing, dan lain sebagainya.


Di Indonesia sendiri, penghasil Kayu Manis terbaik ada di daerah pegunungan Kerinci, Sumatra. Sebagai komoditas ekspor, Kayu Manis biasa dibuat dalam bentuk cair, baik minyak murni atau sebagai sirup kental menyerupai sirup maple yang biasa dilumurkan di atas kue panekuk (pancake). Kayu Manis pun semakin mendunia lewat kelezatan kue Cinnamon Roll yang tenar di Eropa dan Amerika Serikat.

Belakangan, Kayu Manis mulai merambah ke luar dunia masak memasak. Wanginya yang kuat dan citarasa manis alami membuatnya menjadi alternative terbaik untuk pengharum ruangan hingga pengganti gula dalam minuman. Jadi, jangan ragu lagi jika kamu ingin membeli rempah luar biasa ini dan menyimpannya di rumah. Kendati demikian, perhatikan juga cara penyimpanannya, karena kayu manisl terutama yang sudah berbentuk bubuk, tidak tahan lama dan akan sangat cepat kehilangan aroma serta rasanya jika terlalu lama bersentuhan langsung dengan udara lembab maupun terpapar sinar matahari.

0 0
Feed