[ID] - Best of Both World

Terkadang makanan sehat tidak selalu soal bahan baku, namun melalui cara masaknya. Jika Anda seorang pecinta hidup sehat, makan di luar terkadang cukup membingungkan, terutama jika Anda sudah memiliki anak. Anda ingin makanan yang rasanya enak dan mudah diterima anak kecil, namun Anda juga ingin makanan yang menyehatkan. Sekarang, Anda tak perlu berkompromi karena Goobne telah hadir di Indonesia, tepatnya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.


Nama Goobne berasal dari bahasa Korea “Goobda” yang artinya memanggang, dan ini menjelaskan apa yang dilakukan Goobne, menjual ayam panggang. Di Korea Selatan, brand ini didirikan pada 2005 dan terkenal karena menggunakan artis Korea populer seperti Girl’s Generation, Exo dan Seo Hyun Jin sebagai duta brand. Hingga saat ini, Goobne telah memiliki lebih dari 1.100 outlet di Korea dan berhasil menjadi 3 brand resto ayam terbesar di Korea. Selain bisnis resto, Goobne juga memiliki bisnis saus, peternakan ayam dan mesin pemotongan ayam dengan kapasitas hingga 120.000 ekor per hari. Pada 17 Maret 2018, brand ini secara resmi diperkenalkan di Indonesia melalui PT. Goobne Indonesia Utama sebagai master franchiser di negara ini.


Ayam Panggang Sehat
Diantara 3 brand resto ayam di Korea Selatan tersebut, Goobne mungkin satu-satunya yang memberi perhatian lebih pada kesehatan. “Kami menawarkan ayam panggang oven menggunakan salah satu combi oven terbaik di pasaran saat ini. Kami bahkan tidak menggunakan minyak goreng sama sekali. Minyak yang ada berasal dari lemak alami ayam. Dari sisi rasa dan tekstur, produk kami sama baiknya, jika tidak lebih baik, dari ayam goreng. Anda akan mendapatkan kulit yang crispy, dan tekstur empuk dan juicy yang sulit didapatkan di ayam goreng biasa,” kata Anryan Saputra, Presiden Direktur PT. Goobne Indonesia Utama.

Konsep ayam panggang sehat ini datang dari Mr. Song, CEO Goobne. “Mr. Song khawatir melihat hampir semua anak muda menyukai ayam goreng. Ia ingin membuat sesuatu sebagai kontribusinya terhadap negara, sesuatu yang berbeda dan lebih sehat. Kami tidak berbohong ketika kami bilang kami menyajikan makanan sehat. Berdasarkan riset dari Korean Consumer Agency (www.kca.go.kr), kami mendapat skor yang jauh lebih rendah dalam kandungan karbohidrat, kalori, lemak jenuh dan sodium,” tambah Anryan.

Konsep hidup sehat sangat ngetren di Korea saat ini. Anryan juga cukup terkejut ketika mengetahui bahwa hampir semua resto di Korea memiliki penjualan produk delivery yang lebih tinggi. “Delivery sangat happening di Korea, dan prosesnya sangat cepat. Lucunya, orang Korea tidak suka hangout di resto, mereka lebih suka melakukannya di rumah. Saya rasa ini berbeda dengan negara lain seperti Australia yang langsung menuju pub ketika selesai jam kerja. Bahkan untuk produk seperti sashimi dan pat bing soo, mereka lebih suka delivery!”

Goobne juga mengadopsi kebiasaan makan orang Korea. “Kami menyajikan satu ekor ayam menjadi 14 potongan, dan kami sajikan tanpa nasi putih, yang tentu saja tersedia di menu. Orang Korea lebih suka makan ayam tanpa nasi, biasa mereka mendapatkan karbohidrat malah dari bir,” kata Anryan.

Dengan ayam sebagai bahan utama, tentu saja Goobne memiliki perhatian khusus pada pemilihan dagingnya. “Orang Korea sangat ketat soa kualitas. Kami mengundang 10 supplier daging ayam terbesar untuk mempresentasikan produknya, dan kami melakukan testing selama satu periode waktu untuk menguji konsistensinya. Perwakilan Goobne dari Korea bahkan memeriksa warna tulangnya. Tadinya, saya pikir, ‘cuma tulang saja’. Namun ternyata kita dapat memeriksa kesegaran ayam dari tulangnya. Jika warna tulangnya gelap, artinya daging ayam ini sudah lama dibekukan atau disimpan, semakin segar ayamnya, maka semakin cerah warna tulangnya. Akhirnya, dari 10 supplier, kami hanya memilih satu dan kami memutuskan untuk memuat kontrak eksklusif dengan mereka,” kata Anryan.

Menu Goobne
Menu ayam panggang Goobne tersedia dalam banyak pilihan. Tentu saja, Original Chicken merupakan hal pertama yang harus Anda coba untuk mengetahui karakter alami Goobne. Tanpa saus atau bumbu tambahan, Anda akan mulai berpikir mengapa kita membutuhkan minyak goreng jika lemak alami ayam saja sudah terasa enak. Dari sini Anda bisa mencoba menu ayam favorit lain seperti menu signature Goobne Volcano Chicken, Goobne Deep Cheese dengan bubuk keju cheddar creamy yang dicampur dengan bubuk blue cheese, Goobne Pepper Crispy Chicken, atau Goobne Fruity Soy Garlic. Namun berbeda dengan ayam goreng, Anda disarankan untuk segera mengkonsumsinya begitu disajikan. “Kami tidak menggunakan minyak goreng, akibatnya tekstur crispy pada kulit ayam tidak bisa bertahan terlalu lama,” kata Anryan.

Berpegang pada konsep sehatnya, Goobne juga menyediakan menu sehat lain seperti Mediterranean Salad, Original Chicken Salad, Special Egg Roll, dan menu wajib Korea, Japchae. Salah satu menu yang menjadi highlight adalah Volcano Cheese Tteok-Bokki yang disajikan dengan mozzarella meleleh di atas hot plate.

“Jangan lupa coba es snowflake kami yang tersedia dalam 3 pilihan: Snowflake with Mango, Oreo atau Green Tea. Kami memiliki mesin snowflake yang dapat membuat snowflake terlembut di Indonesia saat ini. Cukup dengan menuangkan susu tanpa tambahan es batu, mesin ini akan menghasilkan snowflake yang bentuknya sangat mirip dengan kelapa parut,” jelas Anryan. Jika Anda melihat minuman biru dengan ikan hiu berdarah di Instagram Anda, itulah Rita Shark Blood, mocktail blue curacao dengan puree stroberi yang seolah-olah menjadi darah hiu. Ide yang sederhana, segar, namun sangat “Instagenik”.

Belum genap seminggu sejak grand opening Goobne ketika kami berkunjung ke sana, namun Goobne Indonesia sudah berencana untuk membuka cabang kedua di Jakarta Selatan pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Goobne merupakan sinergi antara rasa familiar ayam goreng yang sangat mudah diterima masyarakat dan konsep sehat melalui penggunaan oven. Jika Anda percaya makanan seht itu tidak enak, dan makanan enak itu pasti tidak sehat, mungkin ini saatnya untuk melihat sendiri faktanya.

0 0
Feed