From Cocoa Beans to Chocolate

ACP (Association of Culinary Professionals) Indonesia kembali mengadakan acara di Modena Experience Center pada Sabtu 20 Januari 2018. Kali ini, ACP Indonesia bekerja sama dengan Tulip Chocolate untuk memberikan seminar berjudul “From Cocoa Beans to Chocolate” yang dibawakan oleh Louis Tanuhadi, The Embassy of Chocolate dan Chef Benty Diwansyah, Corporate Pastry Chef PT. Nirwana Lestari.


Louis menjelaskan sejarah dan seluruh proses pengolahan cokelat, mulai dari biji kakao menjadi cocoa nibs, proses roasting dan conching hingga menjadi 3 komponen utama dalam cokelat: cocoa mass, cocoa butter, cocoa powder, hingga menjadi cokelat batangan. Yang tak kalah penting Louis juga menjelaskan perbedaan antara komponen yang terkandung pada compound, real chocolate, dan couverture, mulai dari sisi melting point, proses pengerjaan, hingga karakteristik dari masing-masing produk.


“Cocoa butter adalah unsur yang paling penting dalam pembuatan cokelat couverture sebagai pemberi aroma rasa dan tingkat kekentalan cokelat”,kata Louis. Beberapa bahkan tampak terkejut ketika mengetahui bahwa cocoa butter ternyata begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari, terutama bagi para wanita, yaitu sebagai bahan baku untuk produk lipstick. Pada sesi kedua Chef Benty, memberikan demo membuat dua jenis praline, dan tentu saja, para siswa memiliki kesempatan untuk mencicipi praline yang terbuat dari cokelat couverture.

0 0
Feed