Esperto Experience

Di era Internet, segala hal yang Anda butuhkan bisa Anda cari menggunakan Google, termasuk dalam membuat sebuah coffee shop, lalu mengapa kita harus mengikuti kelas barista lagi? Paling tidak itulah pertanyaan kami di awal ketika mengikuti Esperto Barista Course pada 8-11 Mei 2019.


Hari ketiga dimulai dengan penjelasan dasar mengenai teknik seduh manual, mulai dari peralatan, hingga perbedaan hasil seduhan berbagai alat seduh manual populer seperti French press, V60, syphon, dan sebagainya. Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan teknik membuat latte art yang membutuhkan keahlian motorik, komentar para peserta cukup seragam, “ternyata tidak semudah kelihatannya.” Pada hari terakhir, terdapat ujian tertulis sekaligus praktek untuk mengetahui sejauh mana kita memahami materi yang diberikan selama 3 hari terakhir.

Setelah menjalani 4 hari Esperto Barista Course, kami menyadari betapa konyolnya pertanyaan awal kami. Bisnis coffee shop merupakan sebuah bisnis dengan tingkat kegagalan yang cukup tinggi, sehingga Anda membutuhkan semua informasi, persiapan, dan kemampuan, agar ratusan juta hingga milyaran rupiah yang Anda habiskan untuk menyewa tempat, mendesain interior, membeli peralatan, hingga mempekerjakan staf tidak terbuang sia-sia.


Pertanyaan kami saat ini berubah, mengapa pengetahuan yang kami dapatkan di Esperto Barista Course tidak diketahui semua pemilik coffee shop? Jika hal sederhana seperti membersihkan grinder dan mesin espresso saja jarang mereka lakukan, bagaimana Anda bisa menjamin kualitas produk Anda? Apakah Anda bisa mengaku sebagai coffee shop specialty? Tentu saja, Esperto Barista Course tidak menyediakan solusi untuk seluruh permasalahan Anda di industri ini, tapi paling tidak, Anda akan memiliki sebuah pengetahuan dasar solid dan pengembangan yang Anda lakukan akan lebih terarah.

0 0
Feed