Dissecting Turmeric

Kawasan Asia Tenggara sudah lama dikenal sebagai penghasil rempah terbaik di dunia; salah satunya turmeric atau yang Indonesia biasa disebut kunyit. Warna kuning serta citarasanya yang khas membuat rempah yang satu ini menjadi primadona khususnya pada masakan nusantara. Penasaran ingin mengenal kunyit lebih dalam? Yuk, simak ulasan PASSION berikut ini!

Bila kamu menyukai hidangan Indonesia, pastinya sudah tidak asing dengan kunyit. Rempah asli Asia Tenggara ini telah mendunia hingga ke benua Eropa dan Afrika, namun dalam memaksimalkan beragam khasiatnya, bisa dikatakan Indonesia yang paling piawai melakukannya. Di Pulau Jawa, kunyit sudah lama digunakan untuk membuat minuman jamu tradisional dan juga obat untuk luka serta gatal-gatal. Selain itu, warna kuning alami serta citarasa asam kunyit yang segar memang sangat pas digunakan dalam masakan sebagai penyedap pembangkit selera bersantap.


Salah satu penggunaan kunyit paling efektif dalam masakan Indonesia bisa kita lihat pada Ayam Betutu. Hidangan lezat tradisional Bali ini dengan sempurna memadukan bumbu kunyit dengan ayam utuh yang diolah dengan cara di-ungkep hingga lembut, ditambah daun singkong yang juga dikukus di dalam ‘tubuh’ ayam sebagai lauk pelengkap utama. Resapan bumbu kunyit membuat daging ayam menjadi kuning dan membuat citasanya semakin nikmat untuk dihidangkan bersama nasi putih hangat. Hmm!

Selain ‘buah’ nya, daun kunyit juga nyatanya sangat banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Berbeda dari fungsi kunyit yang lebih kepada pemberi warna pada makanan, maka fungsi utama daun kunyit adalah lebih memberikan rasa dan aroma yang khas pada masakan. Masakan nusantara yang biasanya menggunakan daun kunyit sebagai bahan dasar antara lain gulai, rendang, kalio, pangek. ayam/ikan bakar, hingga martabak. Juga menu khas Manado seperti woku dan bubur manado. Daun kunyit juga terbukti berkhasiat untuk mengurangi bau amis pada daging-dagingan.

Jika anda berniat untuk mencoba memanfaatkan kunyit dalam masakan, perlu diketahui bahwa rempah yang satu ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk ditangani. Jika kunyit tidak cukup matang saat dimasak, maka bisa membuat makanan malah mengeluarkan bau tidak sedap. Perhatikan juga api yang digunakan kala mematangkan kunyit, karena jika terlalu besar, maka bisa menyebabkan kunyit menjadi hangus. Kunyit yang sudah matang dengan benar akan mulai memisahkan minyak dan kunyitnya sendiri. Teksturnya juga mirip dengan daging kelapa yang dimasak. Disarankan untuk menggunakan kunyit utuh segar dibandingkan dengan kunyit bubuk. Sebab, kunyit bubuk aromanya lebih sulit untuk dinilai kualitasnya.

0 0
Feed