Almond

Astounding Almond

Bagi para penggemar makanan sehat, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Almond. Ya, kacang berukuran besar asal Timur Tengah dengan citarasa khas nan gurih ini telah dikategorikan sebagai salah satu superfood yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Selain disantap langsung atau dipadukan dengan kue dan coklat, almond juga sering dikonsumsi dalam bentuk susu lho! Yuk, kita kenalan lebih dekat dengan kudapan alami yang satu ini!


Meski termasuk dalam kategori kacang, pohon Almond sangat berbeda dengan ‘saudara-saudara sejenis’nya seperti kacang panjang, kacang tanah dan kacang kedelai. Di Indonesia sendiri, almond juga dikenal dengan nama kacang badam atau kacang amandel. Secara genus, Almond sebetulnya lebih banyak memiliki kesamaan dengan buah persik.


Secara umum, Almond bisa dikonsumsi atau diolah dalam beragam cara. Ia dapat disantap langsung setelah dipanggang, menjadi campuran salad, ataupun coklat batangan yang beredar di pusat perbelanjaan terdekat. Namun belakangan, banyak penikmat makanan sehat yang menikmati Almond dalam bentuk susu. Cara pembuatannya pun rupanya relatif mudah;

Pertama-tama, rendamlah kacang almond dalam air dingin atau air biasa dan pastikan setidaknya tinggi air sekitar 2 sentimeter di atas permukaan almond. Setelah dibilas, olah almond menggunakan mesin seperti slow juicer atau blender sembari terus menambahkan air. Bila memakai juicer, maka ampas kacang Almond akan langsung terpisah sehingga kita mendapat air ‘susu’ nya yang lebih murni, bersih dan lembut. Sebagai pemanis, bisa ditambahkan madu, gula kelapa, sirup mapel, kurma atau coklat susu yang sudah dilelehkan ke dalam susu almond, namun sangat disarankan untuk menghindari gula kimia seperti gula pasir maupun gula jagung.


Susu almond memiliki banyak khasiat bagi tubuh; diantaranya menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi resiko terkena kanker, serta memiliki sejumlah vitamin seperti omega tiga, protein hingga kalsium. Bagi mereka yang tengah menjalani program diet atau detox, Almond juga sangat baik karena memiliki tingkat kalori yang sangat rendah. Sementara bagi ibu hamil dan menyusui, Almond memiliki kandungan asam foliat yang penting untuk bayi dan juga memperlancar ASI.

0 0
Feed